Jaringan Semantik
Jaringan semantic dibangun oleh M.R.Quillian, sebagai model memori manusia. Representasi grafis dari informasi Propositional. Proposisi adalah pernyataan yang dapat bernilai benar atau salah.
Jaringan semantic merupakan gambaran pengetahuan grafis yang menunjukkan hubungan antar berbagai obiek. Menunjukkan sejumlah lingkaran yang menggambarkan objek dan informasi deskriptif tentang objek‑objek. Objek tersebut bisa merupakan jenis fisik seperti buku, mobil, meja, atau bahkan orang. Node bisa merupakan pikiran, kejadian atau tindakan.
Contoh :Sebuah jaringan semantik adalah jaringan yang mewakili hubungan semantik antar konsep. Ini sering digunakan sebagai bentuk representasi pengetahuan. Ini adalah grafik terarah atau tak berarah yang terdiri dari simpul, yang merupakan konsep, dan tepi.
Frame ( Bingkai )
Dengan menggunakan representasi network, kita melihat pengetahuan diatur dengan menggunakan penghubung antar obyek dalam basis pengetahuan.
Selain itu, kita dapat mengatur pengetahuan ke dalam unit‑unit yang lebih kompleks yang menggambarkan situasi atau obyek yang rumit dalam domain. Unit‑unit ini disebut bingkai (frame).
Contoh Frame :
Script
Sebuah bahasa scripting, bahasa script atau bahasa ekstensi adalah bahasa pemrograman yang memungkinkan kontrol satu atau lebih aplikasi perangkat lunak. "Scripts" yang berbeda dari kode inti aplikasi, karena mereka biasanya ditulis dalam bahasa yang berbeda dan sering dibuat atau setidaknya dimodifikasi oleh pengguna akhir. Naskah sering ditafsirkan dari kode sumber atau kode byte, sedangkan aplikasi yang mereka kontrol secara tradisional dikompilasi ke kode mesin asli.
Nama "script" berasal dari naskah tertulis dari seni pertunjukan, di mana dialog diatur ke diucapkan oleh aktor manusia. Awal bahasa script yang sering disebut bahasa batch atau bahasa kontrol pekerjaan. Seperti bahasa scripting awal diciptakan untuk mempersingkat proses edit-compile-link-lari tradisional.
Dengan menggunakan representasi network, kita melihat pengetahuan diatur dengan menggunakan penghubung antar obyek dalam basis pengetahuan.
Selain itu, kita dapat mengatur pengetahuan ke dalam unit‑unit yang lebih kompleks yang menggambarkan situasi atau obyek yang rumit dalam domain. Unit‑unit ini disebut bingkai (frame).
Contoh Frame :
Script
Sebuah bahasa scripting, bahasa script atau bahasa ekstensi adalah bahasa pemrograman yang memungkinkan kontrol satu atau lebih aplikasi perangkat lunak. "Scripts" yang berbeda dari kode inti aplikasi, karena mereka biasanya ditulis dalam bahasa yang berbeda dan sering dibuat atau setidaknya dimodifikasi oleh pengguna akhir. Naskah sering ditafsirkan dari kode sumber atau kode byte, sedangkan aplikasi yang mereka kontrol secara tradisional dikompilasi ke kode mesin asli.
Nama "script" berasal dari naskah tertulis dari seni pertunjukan, di mana dialog diatur ke diucapkan oleh aktor manusia. Awal bahasa script yang sering disebut bahasa batch atau bahasa kontrol pekerjaan. Seperti bahasa scripting awal diciptakan untuk mempersingkat proses edit-compile-link-lari tradisional.
GUI Scripting
Dengan munculnya antarmuka pengguna grafis jenis khusus bahasa scripting muncul untuk mengendalikan komputer. Bahasa-bahasa ini berinteraksi dengan jendela grafis yang sama, menu, tombol, dan sebagainya bahwa sistem menghasilkan. Mereka melakukan ini dengan mensimulasikan tindakan pengguna manusia. Bahasa-bahasa ini biasanya digunakan untuk mengotomatisasi tindakan pengguna atau mengatur suatu keadaan standar. bahasa tersebut juga disebut "macro" ketika kontrol adalah melalui simulasi penekanan tombol atau klik mouse.
Bahasa ini pada prinsipnya bisa digunakan untuk mengontrol setiap aplikasi yang berjalan pada komputer berbasis GUI, tetapi, dalam prakteknya, dukungan untuk bahasa tersebut biasanya tergantung pada aplikasi dan sistem operasi. Ada beberapa pengecualian untuk keterbatasan ini. Beberapa bahasa scripting GUI didasarkan pada mengenali objek grafis dari piksel tampilan layar mereka. Ini bahasa scripting GUI tidak bergantung pada dukungan dari sistem operasi, atau aplikasi.
Bahasa ini pada prinsipnya bisa digunakan untuk mengontrol setiap aplikasi yang berjalan pada komputer berbasis GUI, tetapi, dalam prakteknya, dukungan untuk bahasa tersebut biasanya tergantung pada aplikasi dan sistem operasi. Ada beberapa pengecualian untuk keterbatasan ini. Beberapa bahasa scripting GUI didasarkan pada mengenali objek grafis dari piksel tampilan layar mereka. Ini bahasa scripting GUI tidak bergantung pada dukungan dari sistem operasi, atau aplikasi.
Elemen Script
1. Kondisi masukkan
Menggambarkan situasi yang harus dipenuhi sebelum terjadi atau berlaku suatu peristiwa yang ada dalam script.
2. Prop
Mengacu kepada objek yang digunakan dalam urutan peristiwa yang terjadi.
3. Role
Mengacu kepada orang‑orang yang terlibat dalam script.
4. Scene
Menggambarkan urutan peristiwa aktual yang terjadi
Komponen-komponen Script
1. Kondisi entri atau deskriptor dunia sekitar kita yang harus benar agar skrip dapat dipanggil.
2. Hasil atau fakta yang benar begitu skrip diakhiri.
3. Penyangga atau apa‑apa yang merupakan isi skrip.
4. Peran adalah tindakan yang dilakukan oleh partisipan individual
5. Adegan yang merupakan kejadian yang menunjukkan aspek waktu dari skrip Contoh Frame
Frame Game PacMan 3D
Spesialisasi dari : Arcade
Jumlah level : 3
Perangkat yang digunakan : platform, internet
Model : 3D
Contoh Script
Jalur (track)
Labyrinth
Peran (roles)
PacMan(Pahlawan), Shadow(Hantu Merah), Speedy(Hantu Pink), Bashfull(Hantu Biru), Pokey(Hantu Kuning)
Pendukung (prop)
Coin, Big Coin, Fruits
Kondisi Masukan
Berjalan dan Memakan
Adegan ScenePacMan Berjalan
PacMan Memakan Coin
PacMan Memakan Big Coin
PacMan Memakan Buah
PacMan Memakan Hantu
Hantu Memakan PacMan
Frame Game PacMan 3D
Spesialisasi dari : Arcade
Jumlah level : 3
Perangkat yang digunakan : platform, internet
Model : 3D
Contoh Script
Jalur (track)
Labyrinth
Peran (roles)
PacMan(Pahlawan), Shadow(Hantu Merah), Speedy(Hantu Pink), Bashfull(Hantu Biru), Pokey(Hantu Kuning)
Pendukung (prop)
Coin, Big Coin, Fruits
Kondisi Masukan
Berjalan dan Memakan
Adegan ScenePacMan Berjalan
PacMan Memakan Coin
PacMan Memakan Big Coin
PacMan Memakan Buah
PacMan Memakan Hantu
Hantu Memakan PacMan
kita juga punya nih jurnal mengenai jaringan syaraf tiruan, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
BalasHapushttp://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/972/1/11106025.pdf
semoga bermanfaat yaa :)
あなたの生産性向上のヒントは私の生活を変えました。Islam Berkemajuan Terima kasih for sharing your productivity tips!
BalasHapus